Cara agar kepala baris suatu tabel selalu muncul pada halaman berikutnya di word 2007

Suatu saat ketika membuat tabel dengan data yang banyak, maka baris yang dibuatpun juga banyak. Bahkan karena banyaknya data yang ada, tabel yang dibuat tersebut sampai melebihi satu halaman, sehingga baris yang lain berada pada halaman berikutnya. Otomatis judul tabel atau kepala tabel juga tidak kelihatan atau nampak pada halaman selanjutnya itu. Keadaan seperti ini tentunya akan menyulitkan pembacaan data yang berada pada halaman lain tersebut karena harus bolak-balik halaman untuk melihat judul tabel atau kepala tabel.

Sebenarnya bisa saja dibuat secara manual dengan memberi kepala baris baru pada halaman tersebut, namun akan menjadi masalah lagi ketika kita mengubah ukuran kertas atau margin kertas. Sebab kepala kolom atau kepala baris tersebut akan ikut berubah letaknya. Untuk mengatasi hal tersebut, kita tidak perlu membuat kepala baris atau judul tabel secara manual, namun kita bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di Ms Word agar kepala tabel atau kepala baris suatu tabel akan otomatis selalu muncul pada setiap halaman. Untuk itu silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Buatlah sebuah tabel yang anda kehendaki kemudian ketikkan judul dari kepala baris tersebut seperti No urut, Nama, Jabatan, Alamat, dan keterangan.
  2. Aktifkan kursor pada kepala baris tersebut (baris pertama), atau klik pada salah satu kepala baris (judul tabel) tersebut.
  3. Pada ribbon Layout, Group menu Data, Klik Repeat Header Rows


  4. Selesai
Mulai sekarang ketika baris yang dibuat sampai pada halaman berikutnya, maka secara otomatis judul tabel atau kepala baris tabel tersebut sudah tampil tanpa kita harus membuatnya secar manual. Cara seperti ini akan lebih efektif dan efisien dalam membuat data dengan menggunakan tabel.

24 komentar:

  1. thank you bro,,,,

    ReplyDelete
  2. yang 2010 gimana boss..?? tolong infonya

    ReplyDelete
  3. BeluM jeLas x ni...
    masih bnyak penipuan drimu

    yg jelas kasih info nya, Gan.. !

    ReplyDelete
  4. menemukan jawaban'y,, terimaksih :)

    ReplyDelete
  5. bagossss
    terimakasih boss mangpaat

    ReplyDelete
  6. hatur nuhunnn pas pisan euy...

    ReplyDelete
  7. nice info..lagi nyari untuk hal ini
    dapet blog ini thank you

    ReplyDelete
  8. Wah mantaps nih gan tutorialnya, aku cari sana-sini ternyata cuma tinggal klik z, makasih,,

    ReplyDelete
  9. terimakasih... artikel yg sangant membantu pemula seperti saya

    ReplyDelete
  10. thank,zzz
    bermanfaat

    ReplyDelete
  11. Kalo di libre office piye je?

    ReplyDelete
  12. kalau untuk excel 2007 gimana...? bisa gak ya...? tutorialnya please...

    ReplyDelete
  13. celeng..kue..,penipuan nie..semalam ngikutin caramu mumet gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan penipuan kog bung ... bener nich ilmunya, buat tabel sebanyak dua halaman baru bisa dibuktikan ...

      Delete
  14. sangat sangat berguna,,,, ini yg slalu saya cari cari dari dulu

    ReplyDelete
  15. Laangsung ketemu infonya.. hehe thanks bro..

    ReplyDelete
  16. kenapa saya tidak menemukan Repeat Header Row ya??

    ReplyDelete
  17. ini dia yang saya cari2..
    thks infonya yaa

    ReplyDelete