Cara mengatur format angka negatif berwarna merah di Ms Excel 2007

Bilangan atau angka secara umum yang kita ketahui adalah bilangan bulat. Meskipun ada jenis bilangan lain seperti bilangan asli dan bilangan cacah serta bilangan real. Bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri dari bilangan atau angka negatif, bilangan nol, dan bilangan positif. Bilangan-bilangan tersebut jika dilakukan operasi penjumlahan maupun pengurangan bisa menghasilkan angka negatif, angka nol dan angka positif.

Secara umum angka atau bilangan dengan nilai negatif akan ditandai dengan tanda (dibaca negatif) didepan bilangan. Misalnya angka atau bilangan negatif 6 maka penulisannya adalah -6. Pada microsoft Excel, angka atau bilangan negatif diberi tanda – (negative), () (tanda kurung), dan angka yang berwarna merah. Secara default pengaturan angka negative di ms excel adalah menggunakan tanda – (negative) didepan sebuah bilangan. Agar bilangan negative tersebut ditandai dengan warna merah atau tanda kurung, maka anda harus melakukan pengaturan terlebih dahulu.

  1. Blok atau seleksi sel yang akan dilakukan pengaturan bilangan negatifnya.
  2. Tekan tombol Ctrl+1 untuk membuka jendela Format Cells
  3. Pada tab Number pilih category Number.
  4. Pada panel sebelah kanan atur angka dibelakang koma, ganti dengan angka nol jika tidak ada angka dibelakang koma.
  5. Aktifkan pilihan Use 1000 separator (,) kemudian pilih salah satu pilihan pada negative number. Dalam hal ini kita pilih angka yang berwarna merah.

    mengatur format angka negatif

  6. Jika sudah klik OK
Maka bilangan negative atau hasil rumus pengurangan maupun penjumlahan dengan hasil negatif, bilangan tersebut akan berwarna merah, sedangkan bilangan nol dan positif tetap berwarna hitam.

bilangan negatif berwarna merah

1 komentar: