Cara membuat data ms excel tidak bisa di klik atau menjadi read only

Pada saat-saat tertentu memang kita harus pelit terhadap orang lain, khususnya terhadap data-data yang penting dan tidak boleh diubah-ubah oleh orang lain. Dengan demikian keaslian data akan tetap terjamin. Terkait dengan hal tersebut, pada beberapa waktu yang lalu telah diuraikan tentang cara membuat data atau file ms word menjadi read only. Yaitu file hanya bisa untuk dilihat dan dibaca saja sedangkan untuk diedit tidak bisa karen diproteksi dengan password.

Pada kesempatan kali ini masih tetap pada topik menjaga keaslian dan keamanan data dan file menggunakan password. Hanya saja yang dibahas adalah tips data maupun file yang dibuat menggunakan program ms Excel 2007 / 2010 agar tidak bisa diklik atau diseleksi dan tidak bisa dicopy paste. Dengan demikian meskipun data bisa dilihat namun tidak bisa diedit dan dicopy paste oleh orang lain.
  1. Buka file ms excel anda, atau buat data baru menggunakan ms excel 2007 atau 2010.
  2. Buka tab Review kemudian pada group menu Changes klik Protect Sheet.

    protect sheet ms excel
  3. Pada jendela yang muncul aktifkan pilihan Protect Worksheet and contents of locked cells. Setelah itu masukkan password yang akan digunakan untuk membuka proteksi data. Selanjutnya hilangkan semua tanda centang kemudian klik OK.

    memberi password sheet excel
  4. Masukkan kembali password anda dan klik OK.

    re enter password sheet excel
  5. Mulai dari sekarang data anda tidak akan bisa di klik atau diseleksi, sehingga tidak akan bisa juga dicopy paste. Data akan aman dari tangan jahil orang lain.
Semoga bermanfaat dan sukses selalu buat anda …..

6 komentar:

  1. kunjungan gan .,.
    saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
    dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete
  2. Wah trimakasih, ini sangat membantu saya dalam membuat program berdasarkan excel..

    ReplyDelete
  3. min, saya punya masalah dengan format number d excel saya..
    Misal saya nulis angka 60000 trus saya rubah ke acounting, currency slalu d belakangnya muncul 60000.0 atau Rp60000.00.00, walaupun decimalnya d hilangkan masih saja tetap begitu

    ReplyDelete
  4. bagus banget gan.... thq ilmu nya

    ReplyDelete