Cara melakukan penjumlahan secara otomatis di Ms Word

Melakukan penghitungan angka-angka memang tidak seperti menggunakan program Ms Excel. Penghitungan angka-angka di excel dapat dilakukan dengan mudah dan tepat serta bisa dilakukan secara otomatis dan jika angka input tersebut diubah, maka output atau hasilnyapun ikut mengikuti sesuai dengan rumus yang dimasukkan. Namun bagaimana halnya jika data-data yang diketik menggunakan Ms Word?

Mengetik dan membuat data terkadang berupa campuran antara data yang berupa tulisan dan berupa angka. Program yang tepat untuk melakukan tugas ini adalah ms word. User bisa saja menggabungkan program ms excel dengan ms word dalam satu file dengan cara menyisipkan tabel ms excel kedalam ms word. Namun bagaimana jika data berupa angka tersebut telah diketik menggunakan ms word? Anda tidak perlu khawatir, karena pada ms word juga terdapat fungsi untuk melakukan penjumlahan secara otomatis. Anda tidak perlu membuka kalkulator untuk melakukan tugas itu. Silahkan disimak langkah-langkah berikut ini :
  1. Buatlah terlebih dahulu tabel yang berisi angka-angka, misalnya saja seperti gambar dibawah ini.

    tabel Ms Word
  2. Letakkan kursor pada tabel atau sel dimana penjumlahan otomatis tersebut diletakkan (biasanya pada baris JUMLAH)
  3. Pada Tab layout klik Formula

    Formula atau rumus di Ms Word
  4. Pada popup Formula yang muncul isikan pada formula =SUM(ABOVE) untuk menjumlah semua angka diatas. Untuk menjumlah angka-angka tertentu, misalnya menjumlah nilai dari ammar dan Rahma, masukkan rumus =SUM(C3,C4).

    membuat Formula atau rumus di Ms Word

  5. kemudian klik OK. Maka nilai hasil penjumlahan akan muncul di baris JUMLAH.

    tabel hasil penjumlahan otomatis
Untuk melakukan penjumlahan bilangan desimal gunakanlah thousand separator default dari program tersebut. Biasanya defaultnya adalah tanda titik, namun bisa saja telah diganti menjadi tanda koma. Jadi jika anda melakukan penjumlahan bilangan desimal dan tidak berhasil, cobalah ganti tanda ribuan dari titik menjadi koma atau sebaliknya. Sayangnya cara penjumlahan di Ms Word tidak dibarengi dengan perubahan secara otomatis ketika angka input dirubah atau diganti. Namun demikian fitur tersebut sudah sangat membantu user dalam melakukan penjumlahan di ms word. Semoga bermanfaat dan sukses selalu buat anda…..

9 komentar:

  1. sangat membantu ane heheheh

    ReplyDelete
  2. Makasih ilmunya sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  3. saya sudah mencobanya, tapi kenapa hasilnya salah.? mohon penjelasannya.
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Mohon bantuannya;
    Saya ingin tahu bagaimana caranya menyortir sebuah karakter atau huruf.
    Contohnya gini:
    Cursor saya ada di kolom A1. Dibawahnya ( A2, A3, A4 dst sampai A1000. ada huruf A, B, dan C, yang menempati kolom2 dibawah secara acak hingga pada kolom A1000. Pertanyaan saya, jika saya ingin memunculkan semua huruf B yang ada pada kolom2 dibawah kursor saya, cukup hanya dgn mengetik huruf "B"dikolom A1 tadi.. Kira2 ada tidak cara tersebut? Terimaksih atas bantuannya!!

    ReplyDelete
  5. Sebaiknya anda gunakan fitur Sort & Filter di excel

    ReplyDelete