Cara mengetik bilangan pecahan di Ms Word 2007

Menulis naskah laporan dan sebagainya di ms word pasti tidak hanya melulu berupa ketikan huruf, kata, kalimat, paragraf yang semuanya terangkum menjadi sebuah karya yang menakjubkan buah hasil pemikiran seorang penulis. Namun didalamnya juga terdapat karakter-karakter khusus seperti angka, prosentase dan simbol-simbol lainnya yang diperlukan dalam penulisan tersebut. Pada beberapa waktu yang lalu telah disampaikan tentang cara menulis kalimat matematika di Ms Word. Kali ini akan saya sampaikan materi yang menjabarkan tentang penulisan kalimat matematika tersebut yaitu menulis bilangan pecahan yang terdiri dari pembilang dan pembagi.

Rata-rata orang menulis atau mengetik bilangan pecahan di ms word dengan menggunakan pembagi / (garis miring atau slash) sehingga hasil dari penulisan bilangan pecahan tersebut adalah seperti ini, 1/4, 2/5, 3/4 dst. Tentunya tampilan bilangan pecahan tersebut akan kurang enak dilihat dan bisa jadi menimbulkan persepsi lain terhadap tulisan tersebut. Nah agar tulisan bilangan pecahan tersebut terlihat rapi dan benar-benar seperti bilangan pecahan, silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka tab insert kemudian klik Equation pada group menu Symbols atau bisa juga anda buka dengan cara tekan tombol Alt + = untuk membuka perintah equation.
  2. Pada tab design pilih Fraction kemudian pilih pilihan format pecahan pembilang dan penutup seperti gambar dibawah ini.

    Menulis bilangan pecahan di Ms Word
  3. Maka akan muncul format penulisan bilangan pecahan, klik pada kotak pembilang untuk memasukkan angka pembilang kemudian klik pada kotak angka penyebut untuk mengetik angka penyebut. Setelah itu klik diarea kosong. Maka jadilah bilangan pecahan dengan tampilan sesuai dengan bilangan pecahan.

    bilangan pecahan di Ms Word

9 komentar:

  1. kok menu equationnya ga aktif ya?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Makasih nih berguna buat banget buat saya

    ReplyDelete
  4. Mengapa ketika diprint nilai pecahan itu tidak muncul, yang keluar pada hasil print hanya garisnya saya

    ReplyDelete
  5. Mengapa ketika diprint , yang tampak hanya garisnya saja, angkanya tidak tampak

    ReplyDelete
  6. Mau tanya , jika hasil ketikan pecahan itu diprint yang keluar hanya garisnya saja, angkanya tidak. Mengapa?

    ReplyDelete