Cara mengetik bilangan akar kwadrat di ms word 2007

Menulis kalimat matematika di ms word memang sedikit berbeda, karena harus menggunakan fitur equation. Seperti halnya saat kita menulis bilangan pecahan secara manual dengan menggunakan simbol pembanding berupa slash atau garis miring maka hasilnya akan berbeda dengan yang diharapkan. Salah satu penulisan rumus yang bisa dibilang susah oleh user awam adalah ketika ada tugas untuk mengetik bilangan akar kwadrat. Bilangan akar sebenarnya sama dengan bilangan pangkat, namun pangkatnya adalah pangkat bilangan pecahan bukan bilangan asli.

Cara mengetik bilangan akar dapat anda ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini.
  1. Klik tab insert kemudian klik Equation atau silahkan diktekan tombol Alt + = untuk membuka perintah equation.
  2. Maka akan muncul tab Design dan pada group menu structures, pilih Radical kemudian pilih salah satu pilihan yang anda kehendaki, misalnya saja square root.

    mengetik bilangan akar

  3. Maka dilayar ms word anda akan muncul simbol akar pangkat dengan didalamnya terdapat kotak dengan garis titik-titik.

    simbol akar kwadrat

  4. Klik pada kotak tersebut untuk mengisikan angka yang dimaksud misalnya 23 atau dengan kalimat matematika yang lain seperti penjumlahan dan perkalian, maka hasilnya adalah seperti gambar ini.

    bilangan akar kwadrat

  5. Jika angka dalam simbol akar tersebut berupa angka pecahan, maka setelah anda klik kotak tersebut pada tab design silahkan pilih pada pilihan fraction kemudian klik pada stacked fraction. Lakukan hal yang sama untuk structure angka yang lain misalnya saja bilangan pangkat.
  6. Klik pada kotak untuk mengisikan angka dan hasil akhirnya adalah seperti ini.

    bilangan akar pecahan

3 komentar: