Cara membuka dan keluar dari Print Preview di Microsoft Office 2010

Print preview

Ms Office 2010 memang memiliki beberapa kelebihan daripada office 2007. Salah satu diantaranya adalah mengenai tampilan jendela print preview. Pada ms office 2007 ketika anda mengakses atau membuka jendela print preview melalui quick access toolbar atau melalui office button > print > print preview, maka jendela print preview merupakan jendela tersendiri yang terdapat perintah close untuk keluar dari print preview.

Berbeda dengan MS Office 2007, pada microsoft office 2010 untuk membuka print preview dapat anda lakukan dengan perintah print preview di quick access toolbar atau dari tab file > print. Atau bisa dilakukan dengan shortcut key Ctrl+P pada keyboard. Dengan kata lain untuk mengakses jendela print preview dapat dibuka dengan perintah print, karena tampilan antara jendela print preview dan jendela print adalah sama. Hal ini akan lebih memudahkan user dalam melakukan pencetakan atau print document. User bisa lebih meminimalisir kesalahan pencetakan dan dapat pula dengan cepat melakukan pencetakan.

Pada tampilan jendela print atau print preview di office 2010 sudah terdapat pengaturan printer, ukuran kertas, pilihan print, printer yang digunakan, copy of print. Ketika anda melakukan perubahan pada setting printer, ukuran kertas dsb, maka tampilan preview secara otomatis juga akan berubah menyesuaikan pengaturan yang dilakukan. Semuanya menjadi lebih praktis dan mudah.

Print preview office 2010

Terkadang yang menjadi masalah adalah ketika user ingin keluar dari jendela print preview tersebut. Rata-rata user yang masih baru menggunakan Office 2010 adalah dengan klik pada close, baik pada perintah close di pojok kanan atas jendela office atau dengan klik pada perintah close yang ada di tab File. Kedua cara tersebut diatas akan berakhir dengan tertutupnya jendela office 2010 (Word, excel, power point). Sebenarnya untuk keluar dari jendela print preview maupun print di microsoft office 2010 dapat anda lakukan dengan mudah, yaitu dengan berpindah tab saja, seperti klik pada tab home, insert, page layout, dsb. Jadi jangan klik tombol close apapun.

Semoga tips ringan ini dapat bermanfaat dan semoga sukses selalu.

5 komentar:

  1. dengan menyimak informasi dari agan, sekarang saya jadi tahu bagaimana caranya keluar dari print preview di MS office

    ReplyDelete
  2. bermanfaat banget noih infonya,,mempermudah banget dalam melakukan percetakan

    ReplyDelete
  3. jadi untuk keluar dari jendela print preview gak perlu dengan klik close ?saya kira untuk keluar hanya bisa lewat close saja,,

    ReplyDelete
  4. perbedaan yang sangat terlihat dari Ms Office 2010 dan Ms Office 2007 apa ya?

    ReplyDelete
  5. kalau mau Print Preview seperti di Word 2003 bagaimana cara nya Gan.. ?? seperti mengatur batas margin melalui Print Preview. terimakasih ... :-)

    ReplyDelete